Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi “Internal Phone Storage is Getting Low”

Walaupun sistem operasi Android mempunyai banyak kelebihan, namun tetap saja ada kekurangannya. Kekurangan yang umumnya di keluhkan oleh para pemilik Handphone Android adalah memori telepon penuh yang biasanya ditandai dengan peringatan “Internal Phone Storage is Getting Low” atau penyimpanan telepon internal hampir habis.
Bila memori telepon sudah benar-benar menipis, pada beberapa perkara bahkan ada yang tidak sanggup mendapat SMS masuk dan muncul peringatan ”Text-message memory full” atau memori pesan teks penuh. Jika di klik detail, maka akan tertera keterangan “Incoming message rejected due to full memory” atau Pesan (SMS dan MMS) masuk ditolak alasannya memori telah penuh.

Penyebab utama memori telepon Android penuh adalah alasannya pengguna terlalu banyak menginstall aplikasi tanpa memperhatikan kapasitas memori internal yang dimilikinya. Sebagai catatan, Aplikasi Android akan memakai memori telepon lebih besar jikalau sudah terinstall. Misalnya kau mengunduh (download) aplikasi sebesar 1 MB dari Android Market, maka nanti sehabis terinstall, besar aplikasi bisa menjadi 1,5 MB bahkan lebih.



Bila kau adalah salah satu pengguna tablet atau handphone Android yang mengalami dilema memori telepon penuh, maka saya akan mengatakan beberapa tips untuk mengatasinya.  

  • Bersihkan Cache Aplikasi
Cara ini memang tidak akan membebaskan memori internal telepon dalam jumlah banyak, tapi setidaknya bisa menambah free memory beberapa MB. Yang harus Anda lakukan adalah menghapus cache aplikasi Android.

Apa itu Cache?
Cache aplikasi Android adalah semacam data-data yang disimpan sementara di memori telepon. Setiap ada aplikasi Android yang diaktifkan / di jalankan, maka akan ada Cache yang tersimpan. Cache ini berfungsi semoga pada dikala aplikasi diaktifkan kembali prosesnya tidak akan memakan waktu usang (mempercepat proses aktivasi aplikasi).
Cache dari aplikasi adalah salah satu penyebab mengapa memori internal telepon mirip terus berkurang padahal kau tidak menginstall aplikasi baru atau mengupdate aplikasi.

Untuk sanggup menghapus cache aplikasi Android sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Tekan tombol HOME
2. Tekan tombol MENU
3. Klik Settings (Pengaturan)
4. Klik Applications (Aplikasi)
5. Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
6. Klik pada salah satu aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
7. Klik Clear Cache
  • Pindahkan Aplikasi Android ke SD Card
Jika kau memakai sistem operasi Android 4.4 (Kitkat), maka untuk mengatasi memori telepon penuh, kau sanggup memindahkan aplikasi ke SD card . Caranya sanggup dilakukan sebagai berikut:
1. Tekan tombol HOME
2. Tekan tombol MENU
3. Klik settings (Pengaturan)
4. Klik Applications (Aplikasi)
5. Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
6. Klik pada salah satu aplikasi yang mau dipindahkan ke SD card
7. Klik Move to SD card (Pindahkan ke SD card)
Kelemahan dari cara ini adalah ada beberapa aplikasi tidak sanggup dipindah ke SD card
  • Install aplikasi Move2SD Enabler
Dengan menginstall aplikasi ini, gesekan pena “Move to SD card” yang tadinya tidak bisa dipindah, akan “dipaksa” bisa dipindah dan kau sanggup memindahkan aplikasi ke SD card. Berikut caranya:
1. Root dulu handphone Android kamu. Baca disini
2. Aktifkan mode “USB Debugging” melalui sajian Settings (Pengaturan) > Applications (Aplikasi) > Development (Pengembangan) centang USB debugging (Men-debug USB)
3. Install aplikasi Move2SD Enabler dari Android Market
4. Aktifkan aplikasi Move2SD Enabler klik External klik Apply
5. Pindahkan aplikasi ke SD card. Caranya sama mirip Tips yang kedua.
  • Pindahkan aplikasi Android ke SD card memakai Link2SD
Pindahkan aplikasi Android ke SD card memakai Link2SD
Bila aplikasi Move2SD Enabler tidak sanggup diinstall pada handphone Android kamu, maka kau sanggup memakai aplikasi Link2SD. Aplikasi ini lagi-lagi hanya sanggup bekerja pada tablet atau handphone Android yang telah di root.

Sumber http://www.tips-trick.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Mengolah Kata Kunci, Cara Sederhana Riset Keyword Tanpa Tools

Pada postingan kali ini saya mau bagikan lagi sebuah teknik mengolah kata kunci. Agar isi dalam artikel ini praktis dipahami jadi saya menggunakan sedikit ulasan bergambar semoga nantinya praktis dipahami. Teknik ini yaitu salah satu teknik seo yang sering digunakan oleh para internet marketing untuk mampu menggaet calon pelanggannya secara tertarget. Dan percaya saja bahwa ini kali pertama anda menemukan satu dari sekian banyaknya teknik seo yang ada yang mampu membantu anda menerima visitor yang banyak. Kabar baiknya, walaupun ini yaitu seni administrasi seo marketing tapi mampu juga diaplikasikan untuk jenis website artikel. Bahkan hal ini akan sangat bagus.. Ribuan pengunjung organik google dalam 1 bulan bukan duduk duduk masalah lagi untuk mampu didapatkan secara mudah. Oleh alasannya yaitu itu simak baik-baik, baca poin per poin semoga wawasan anda mampu ditambahkan secara menyeluruh. Berikut yang akan kita pelajari... Survey Google Auto Complete Google Sugge

Cara Supaya Tampilan Blog di Mobile/HP Sama Seperti di Desktop PC/Web

Cara Supaya Tampilan Blog di Mobile Seluler Sama Seperti Versi Web/PC - Untuk menciptakan supaya tampilan blog anda sama mirip di desktop/pc/komputer ketika dibuka via mobile smartphone cukup mudah. Hal ini berkaitan dengan template blog kita. Biasanya ketika kita baru mengganti template blog kita memang template sudah berganti namun hanya untuk versi desktop/web saja. Ketika kita mengganti template mungkin kita lupa mengatur supaya template yang baru diterapkan juga work di mobile. Biasanya jikalau kita belum mengatur mirip itu maka ketika kita membuka blog kita via mobile akan ada ukiran pena dibawah "Lihat Web Versi" ,berarti kita belum mengatur template untuk mobile. Atau tampilan blog via seluler mobile masih memakai template blogger default. Ada 2 jenis supaya  tampilan blog via mobile sama mirip desktop. Yang pertama khusus dan desktop. Berikut penjabarannya : 1. Tampilan Khusus Tampilan/template ini memang dikhususkan jikalau dibuka melalui mobile seluler. Namu

Cara Mengganti Foto Profil (Avatar) Mobile Legends Dengan Foto Sendiri

Cara mengganti foto profil atau avatas di Mobile Legends - Pada postingan sebelumnya saya mengatakan tips mengenai game Mobile Legends Bang Bang, ialah cara berganti akun Mobile Legends dengan Facebook . Nah pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan tips mengenai game Mobile Legends, tipsnya ialah cara mengganti avatas atau foto profil di Mobile Legends. Tutorial ini saya buat khusus bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mengganti avatar di Mobile Legends yang sering dilakukan oleh player lain. Pada dasarnya dikala kita gres membuat sebuah akun Mobile Legends, foto prrofil atau avatar yang digunakan ialah default dari Mobile Legends yang bergambar berbagai huruf pendekar Mobile Legends. Avatar tersebut bersifat random, tetapi mampu juga kita pilih dan atur sendiri. Tapi, jika kita menautkan akun Mobile Legends tersebut dengan Akun Facebook , maka otomatis avatar Mobile Legends juga akan berganti dengan Foto Profil Facebook. Lalu bagaimana cara mengganti avatar Mobil