LATAR BELAKANG.
Pameran DEEP Indonesia 2009 ialah sebuah pameran internasional yang memamerkan perkembangan program selam, wisata petualangan dan olah raga air di Indonesia, yang akan diselenggarakan mulai tanggal 27-29 Maret 2009 di Hall A, Jakarta Convention Center. Deep Indonesia 2009 mempunyai sasaran untuk mempromosikan industri wisata kelautan melalui kegiatan selam, olah raga perairan dan wisata petualangan sekaligus mengajak masyarakat untuk menyayangi bahari dan sumber daya kelautan.
Salah satu tujuan dari pameran DEEP Indonesia 2009 ialah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konservasi lingkungan hidup terutama lingkungan hidup kelautan dan sumber daya kelautan. Tujuan inilah yang menjadi dasar dari diselenggarakannya Lomba Desain Poster Digital oleh PT. Exhibition Network Indonesia, sebagai penyelenggara pameran berhubungan dengan Coremap II, sebuah forum rehabilitas terumbu karang di bawah Departemen Kelautan & Perikanan.
DEEP Indonesia 2009 didukung sepenuhnya oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Departemen Kelautan dan Perikanan, Kementerian LIngkungan Hidup dan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata secara resmi telah mencanangkan pameran DEEP Indonesia sebagai salah satu program nasional untuk pengembangan industri selam dan wisata kelautan di tanah air. DEEP Indonesia 2009 juga menerima pertolongan penuh dari media-media komunitas terkait tingkat internasional.
LINGKUP KARYA DAN PESERTA LOMBA.
Kompetisi desain poster dalam wujud digital untuk pelajar SMU dan mahasiswa sekolah/perguruan tinggi se-Indonesia.
Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk memperlihatkan pesan yang singkat tetapi padat, dan impresif sebab ialah ukurannya yang relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud ialah karya poster dibentuk dengan menggunakan kegiatan grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini ialah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya ialah digital, tetapi akseptor lomba dianjurkan untuk melakukan evaluasi ulang mengenai faktor ukuran bergotong-royong dari poster tersebut; yaitu setara dengan 60 x 90 cm.
Peserta lomba ialah khusus pelajar SMU dan mahasiswa di sekolah/perguruan tinggi se-Indonesia, yang masih aktif dan mempunyai bukti yang besar lengan berkuasa atas statusnya tersebut dari sekolah/perguruan tinggi tempatnya berada.
OBJEKTIF LOMBA.
a. Tema poster:
“Keharmonisan Manusia dengan Terumbu Karang untuk Ikan Berlimpah”
b. Target poster:
sasaran utama komunikasi ialah untuk para nelayan, sasaran sekundernya ialah masyarakat luas.
c. Tujuan poster:
- mengkomunikasikan tema,
- menggugah para nelayan
dan masyarakat umum untuk menjadi individu/komunitas yang aktif berpartisipasi menjadi biro pelestari lingkungan hidup dan sumber daya kelautan,
- menghidupkan kecintaan
para nelayan dan masyarakat umum akan manfaat kelestarian alam untuk kekayaan potensi kehidupan laut, serta keindahan alamnya,
- menggugah kesadaran
para nelayan dan masyarakat umum agar melakukan upaya pencegahan individu/kolektif atas perusakan kehidupan kelautan.
d. Anjuran:
Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi perihal tema lomba, membangun esensi dilema dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan kata-kata yang cocok untuk para nelayan), serta mengkaji manfaat desain dan fungsi poster.
KETERANGAN TEKNIS LOMBA.
a. Format karya poster:
- karya asli:
dibentuk dengan format RGB, tiff, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal,
- thumbnail (perkecilan) karya:
dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size <>
b. Ketentuan karya:
- teknis dan gaya visualisasi bebas,
orisinal, orisinil 100% buatan sendiri dan tidak menggunakan elemen yang melanggar hak cipta dan sopan santun pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan),
- apabila ada pembuktian pelanggaran
ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya,
- karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi
dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta,
- karya bisa dibentuk dengan menggunakan kegiatan grafis
di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital, sehingga berwujud digital,
- hak cipta seluruh karya
yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik hak ciptanya.
c. Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:
- 1 buah CD (compact disc) berisi karya orisinil dan thumbnail karya
- 1 buah komputer printout karya ditempel ke atau pada kertas A4 tebal
- 1 formulir pendaftaran lomba (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya) > download formulir di sini
- 1 buah copy KTP
- 1 buah copy kartu pelajar atau mahasiswa
- 1 surat keterangan yang menyatakan pelajar atau mahasiswa yang masih aktif.
- Tulis “Lomba Desain Poster Deep Indonesia 2009” pada sudut kiri atas amplop dan amplop tidak digulung/dilipat.
d. Waktu dan alamat pengiriman karya:
- paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia tanggal:
20 Maret 2009, jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS)
- karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia.
PENJURIAN.
Seluruh karya terkirim akan menerima kesempatan dinilai oleh dewan juri, satu nama akseptor hanya punya kesempatan untuk menerima satu penghargaan. Dewan Juri terdiri dari praktisi/desainer senior, pendidik/dosen DKV dan wakil dari penyelenggara dan sponsor (Xnet & Coremap).
Hal yang dijadikan dasar evaluasi juri adalah:
- orisinalitas karya,
- kesesuaian tema dan konsep desain,
- lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam memperlihatkan pesan,
- penemuan serta sisi artistik penyajian visual.
PENGHARGAAN
Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat dan hadiah apresiasi, dalam bentuk sebagai berikut:
a. Pemenang pertama: uang Rp. 5.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
b. Pemenang kedua: uang Rp. 3.000.000,- dan hadiah hiburan sponsor
c. Pemenang ketiga: uang Rp. 2.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
d. Beberapa akseptor finalis lainnya akan menerima hadiah dari sponsor.
Karya pemenang, finalis dan beberapa karya akseptor yang layak, akan dipamerkan di kegiatan DEEP Indonesia 2009, tanggal 27-29 Maret 2009 di Hall A, Jakarta Convention Center, dan akan diberikan sertifikat tanda keikutsertaan pameran dan publikasi tingkat internasional. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada kegiatan tersebut pada tanggal 29 Maret 2009. Karya finalis juga akan ditayangkan mulai tanggal 25 Maret 2009 di situs internet dengan alamat:
www.desaingrafisindonesia.co.cc.
Karya yang masuk menjadi milik dan dokumentasi panitia. Tidak diadakan komunikasi apapun dengan panitia.
INFORMASI LEBIH LANJUT:
Panitia Lomba Desain Poster Digital
DEEP Indonesia 2009
Jl. Tebet Barat 5C no 30
Jakarta 12810
KONTAK PANITIA: (harap tidak via sms)
Stella: 0812 959 8875
Ellen: 0818 162 435
INFORMASI INI DAN FORMULIR REGISTRASI LOMBA BISA DIAKSES DARI:
www.deepindonesia.com
www.fdgi.info
www.desaingrafisindonesia.co.cc
Terima kasih
> DOWNLOAD FORMULIR REGISTRASI> Download Brosur Informasi: > hal 1 > hal 2
Sumber : www.fdgi.info
Komentar
Posting Komentar